Skip to content

Apa itu HRIS (Human Resources Information System) ?

August 22, 2011

( Human Resources Information System / HRIS ) atau Sumber Daya Manusia Sistem Informasi adalah perangkat lunak atau solusi online untuk entri data, data pelacakan, dan informasi data kebutuhan Sumber Daya Manusia, penggajian, manajemen, dan fungsi akuntansi dalam bisnis. Setiap perusahaan besar pastilah memiliki sistem informasi sumber daya manusia (Human Resource Information System) atau HRIS . Walaupun demikian nampaknya manajemen puncak kurang menekankan HRIS.

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM / HRIS ) merupakan sebuah bentuk interseksi/pertemuan antara bidang ilmu manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan teknologi informasi. Sistem ini menggabungkan MSDM sebagai suatu disiplin yang utamanya mengaplikasikan bidang teknologi informasi ke dalam aktifitas-aktifitas MSDM seperti dalam hal perencanaan dan menyusun sistem pemrosesan data dalam serangkaian langkah-langkah yang terstandarisasi dan terangkum dalam aplikasi perencanaan sumber daya perusahaan/enterprise resource planning (ERP).

Semakin baik Sumber Daya Manusia Sistem Informasi ( HRIS ) menyediakan keseluruhan:

  1. Manajemen Semua Informasi Karyawan
  2. Pelaporan dan Analisis Informasi Karyawan
  3. Perusahaan dokumen terkait seperti buku pegangan karyawan, prosedur evakuasi darurat dan pedoman keselamatan
  4. Manfaat Administrasi termasuk Pendaftaran, Perubahan Status dan Informasi Pribadi di update
  5. Lengkap Penggajian dan Integrasi dengan perangkat lunak perusahaan lain keuangan dan sistem akuntansi

Sebuah HRIS yang efektif memberikan informasi tentang apa saja yang diperlukan oleh perusahaan untuk melacak dan menganalisis tentang karyawan, mantan karyawan maupun pemohon/pelamar. Perusahaan Anda akan perlu memilih Sistem Informasi Sumber Daya Manusia dan menyesuaikannya untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Dengan HRIS yang tepat, staf Sumber Daya Manusia memungkinkan karyawan untuk melakukan update sendiri manfaat pengobatan dan perubahan alamat, sehingga membebaskan staff HR untuk fungsi-fungsi yang lebih strategis. Selain itu, data yang diperlukan untuk manajemen karyawan, pengembangan pengetahuan, pertumbuhan karir dan pengembangan juga perlu untuk difasilitasi. Akhirnya, manajer dapat mengakses informasi yang mereka butuhkan untuk secara legal, etis, dan efektif untuk mendukung keberhasilan karyawan mereka dalam pelaporan.

From → Pro-Int

Leave a Comment

Leave a comment